Upaya PeningkatanKeterampilanMenulisAksara Jawa Menggunakan Metode Think-Talk-Write Melalui Media Teka-Teki Silang Pada Siswa Kelas X Akuntansi Smk Ma’arif 5 GombongTahun Ajaran 2016/2017

Mei Widayanti

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis aksara Jawa kelas X AK SMK Ma’arif 5 Gombong dengan metode Think-Talk-Write dan mediaTeka-teki Silang; dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan siswa kelas X AK SMK Ma’arif 5 Gombong dalam pembelajaran menulis aksara Jawa dengan metode Think-Talk-Write (TTW) melalui mediaTeka-teki Silang.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK SMK Ma’arif 5 Gombong. Jumlah siswa 31. Data penelitian ini adalah hasil  tes kemampuan menulis aksara Jawa dan langkah-langkah menulis aksara Jawa dengan metode Think-Talk-Write (TTW) melalui mediaTeka-teki Silang. Dari penelitian tersebut terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman pengamatan, wawancara, penugasan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Penerapan pembelajaran menulis dengan metode Think- Talk- Write dan media Teka-teki Silang meliputi; (1) langkah-langkah pembelajaran menulis aksara Jawa dengan metode Think- Talk- Write (TTW) dan media Teka-teki Silang dilaksanakan dalam II siklus yang meliputi perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus I dan siklus II memiliki perbedaan. Perbedaan terletak pada pembagian kelomop. Kelompok belajar pada siklus I lebih banyak daripada sikus II. (2) dapat diketahui bahwa metode Think-Talk-Write (TTW) dan media Teka-teki Silang dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa. Pada tes prasiklus diperoleh nilai rata-rata 72,45 dan persentase ketuntasan 51,61%. Rata-rata tersebut belum mencukupi KKM. Dalam siklus I, diperoleh nilai rata-rata 80,77, dengan persentase ketuntasan 80,64%. Hasil kegiatan dalam siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 85,16, dengan persentase 93,54% dan sudah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode Think-Talk-Write (TTW) dan mediaTeka-teki Silang dapat meningkatkan keterampilan menulis akara Jawa siswa kelas X AK SMK Ma’arif 5 Gombong Tahun Pelajaran 206/2017.

Kata Kunci : menulis, aksara Jawa, Think-Talk-Write (TTW), Teka-teki Silang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.