Peningkatan Keterampilan Menulis Syair Tembang Macapat Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Melalui Media Gambar Siswa Kelas XI MAN Kutowinangun Tahun Pelajaran 2016/ 2017
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan. (1) langkah-langkah pembelajaran menulis syair tembang macapat menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media gambar siswa kelas XI MAN Kutowinangun Tahun Pelajaran 2016/2017; (2) peningkatan keterampilan menulis syair tembang macapat siswa kelas XI MAN Kutowinangun Tahun Pelajaran 2016/2017, menggunakan metode Contextual Teaching and Learning melalui media gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN Kutowinangun yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah tembang macapat. Siklus I dan siklus II mengacu pada prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes yang digunakan yaitu hasil menulis syair tembang macapat gambuh. Adapun, teknik nontes terdiri dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data berupa analisis deskripsi kualitatif. Hasil analisis data pada pembelajaran menulis syair tembang macapat yaitu (1) langkah-langkah pembelajaran menulis syair tembang macapat terdiri dari tiga kegiatan yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dalam siklus I menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media gambar dengan tema “Budi Pakarti”. Pelaksanaan tindakan dalam siklus II menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media gambar dengan tema “Gotong Royong”. (2) Hasil nilai dari keterampilan menulis syair tembang macapat pada prasiklus sebesar 69,00, rata-rata siklus I sebesar 75,83, dan rata-rata pada siklus II mencapai 81,00. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa melalui metode contextual teaching and learning dan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran menulis syair tembang macapat.
Kata Kunci: menulis, tembang macapat, Contextual Teaching and Learning, media gambar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.