Pengaruh Kreativitas dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jawa Pada Siswa Kelas VII di MTs Roudlotush Sholihin Jemur Kebumen Tahun 2015/2016
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar bahasa Jawa pada siswa kelas VII MTs Roudlotush Sholihin Jemur Kebumen tahun 2015/2016, (2) pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar bahasa Jawa pada siswa kelas VII MTs Roudlotush Sholihin Jemur Kebumen tahun 2015/2016, (3) pengaruh kreativitas dan cara belajar terhadap hasil belajar bahasa Jawa pada siswa kelas VII MTs Roudlotush Sholihin Jemur Kebumen tahun 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 45 orang begitupun sampel penelitiannya berjumlah 45 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa : (1) kreativitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa jawa pada siswa kelas VII MTs Roudlotush Sholihin Jemur Kebumen tahun 2015/2016 dengan nilai signifikansi 0,00 tergolong tinggi (2) cara belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa jawa pada siswa kelas VII dengan nilai signifikansi 0,01 tergolong cukup (3) kreativitas belajar dan cara belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa jawa pada siswa kelas VII dengan nilai signifikansi 0,00 tergolong tinggi.
Kata kunci: kreativitas belajar, cara belajar, hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.