Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Aksara Jawa Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Kelas VII SMP N 36 Purworejo

Kun Mutia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah sistematis pengembangan media pembelajaran membaca aksara Jawa berbasis macromedia flash 8 pada kelas VII SMP N 36 Purworejo; (2) mengetahui efektivitas media pembelajaran membaca aksara Jawa berbasis macromedia flash 8 pada kelas VII SMP N 36 Purworejo.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian yang dilakukan adalah analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, revisi produk, uji coba skala kecil, revisi produk, uji coba lapangan operasional, revisi produk, produk akhir. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 36 Purworejo. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pedoman observasi, angket, dan soal evaluasi. Teknis analisis data yang  digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif.Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) pengembangan media pembelajaran membaca aksara Jawa berbasis macromedia flash 8 pada kelas VII SMP N 36 Purworejo menggunakan pendekatan penelitian R&D Research and Development) yang melewati 10 tahap, (2) uji efektivitas didapatkan dari hasil postes kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan hasil rata-rata 72,4 untuk kelas kontrol dan 80 untuk kelas eksperimen dengan selisih skor 7,6. Uji signifikasi eksperimental menunjukkan bahwa t-nilai lebih tinggi dari t-tabel (4,076>2,000).

 

Kata Kunci: media pembelajaran, aksara Jawa, macromedia flash 8


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.