Analisis Nilai Pendidikan Moral Rubrik ‘Wacan Bocah’ dalam Majalah Djaka Lodang Edisi Januari- Desember 2014

Dwi Purwaningsih

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai moral rubrik ‘Wacan Bocah’ dalam majalah Djaka Lodang, (2) mendeskripsikan relevansinilai-nilai moral rubrik ‘Wacan Bocah’ dalam majalah Djaka Lodang dengan kehidupan sekarang.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah berupa kutipan pada majalah Djaka Lodang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup tiga hal yaitu teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrument  utama, dengan  menggunakan alat-alat tulis, alat rekam dan kartu data. Teknik keabsahan data menggunakan teknik pengujian kredibilitas data dalam penelitian ini adalah semantik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik content analysis . Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal. Hasil penelitian yang ditemukan nilai moral pada majalah Djaka Lodang adalah : (1) nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan, meliputi: berdoa  6 indikator dan bersyukur 4 indikator, (2) nilai moral hubungan manusia dengan manusia, meliputi: menasehati 8 indikator, tolong menolong 15 indikator, persaudaraan 3 indikator, kasih sayang  3 indikator, berbakti kepada orang tua 3 indikator, (3) nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri, meliputi: khawatir 8 indikator, ragu-ragu 2 indikator, senang 19 indikator, waspada  2 berjanji pada diri sendiri 5 indikator, berpikir 6 indikator, ikhlas 1 indikator, membela diri 2 indikator, pemberani 5 indikator. Relevansi nilai moral dalam ‘Wacan Bocah’ dalam majalah Djaka Lodhang edisi Januari-Desember 2014  dengan kehidupan sekarang: (a) nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan, meliputi berdoa dan bersyukur sudah tidak relevan dengan kehidupan sekarang. (b) nilai moral hubungan manusia dengan manusia, yang masih relevan dengan kehidupan sekarang adalah sikap menasehati, persahabatan, dan tolong menolong, sedangkan yang tidak relevan dengan kehidupan sekarang adalah persaudaraan, kasih sayang dan berbakti kepada orang tua. (c) nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri, yang masih relevan dengan kehidupan sekarang meliputi sikap waspada, pemberani, membela diri, dan berpikir, sedangkan yang tidak relevan dengan kehidupan sekarang adalah sikap khawatir, ragu-ragu, senang, dan ikhlas.

 

Kata kunci: nilai, pendidikan, moral,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.