Korelasi Antara Kebiasaan Membaca dan Peran Orang Tua terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Berbahasa Jawa Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) korelasi antara kebiasaan membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman wacana berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014; (2) korelasi antara peran orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman wacana berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014; (3) korelasi antara kebiasaan membaca dan peran orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman wacana berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Pengolahan data dilakukan dengan menguji normalitas data, menguji homogenitas data, menghitung korelasi dengan r product moment, menghitung korelasi parsial, menghitung korelasi ganda, melakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil pengolahan data menunjukkan: (1) terdapat korelasi antara kebiasaan membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman wacana berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP 23 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Dibuktikan dengan nilai lebih besar daripada nilai , yaitu 2,071 > 1,979; (2) terdapat korelasi antara peran orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman wacana berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP 23 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Dibuktikan dengan nilai lebih besar daripada nilai , yaitu 2,037 > 1,979.; (3) Terdapat korelasi antara kebiasaan membaca dan peran orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman wacana berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP 23 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Dibuktikan dengan nilai lebih besar daripada nilai , yaitu 7,199 > 3,07.
Kata Kunci: kebiasaan membaca, peran orang tua, membaca pemahaman
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.