PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF JAWA DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS XI TKR 4 SMK N 2 KEBUMENTAHUN AJARAN 2013/2014

Eprilia Cahyaningtyas

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Proses langkah-langkah pembelajaran menulis huruf Jawa dengan media teka-teki silang pada siswa kelas XI TKR 4 SMK N 2 Kebumen; (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi menulis huruf Jawa  setelah mendapatkan pembelajaran menulis huruf Jawa dengan media teka-teki silang pada siswa kelas XI TKR 4 SMK N 2 Kebumen. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK N 2 Kebumen pada bulan Agustus sampai September 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 4 sejumlah 32 siswa, laki-laki 29 dan perempuan 3. Objek penelitian adalah keterampilan siswa dalam menulis huruf Jawa dengan media teka-teki silang. Penelitian ini terdiri dari dua kali kegiatan, yaitu kegiatan siklus I, dan siklus II. Masing-masing siklus mengacu pada prosedur penelitian yaitu rencana (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan releksi (reflection). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes yang digunakan yaitu hasil menulis huruf Jawa siswa, nontes terdiri dari hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan media teka-teki silang mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis huruf Jawa. Penerapan pembelajaran menulis dengan media teka-teki silang meliputi: prasiklus, yaitu hasil menulis huruf Jawa  siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa; siklus I, berisi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi; siklus II merupakan kelanjutan dan perbaikan dari siklus I. Langkah-langkah pembelajaran media teka-teki silang yaitu: kembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna; melaksanakan kegiatan inkuiri; mengembangkan sifat ingin tahu siswa dengan membaca; menciptakan masyarakat belajar; menghadirkan model sebagai contoh pembelajaran; refleksi diakhir pertemuan. Dari hasil tes prasiklus terlihat persentase ketuntasan sebesar 21,87% meningkat menjadi 50% pada siklus I dengan peningkatan sebesar 28,13%. Setelah dilakukan dengan siklus II persentase ketuntasan mencapai 93,75% dengan peningkatan sebesar 43,75% hasil prasiklus, dan sebesar 15,62% dari siklus I. Berdasarkan hasil nontes yang meliputi observasi, jurnal , wawancara dan dokumentasi foto, hasilnya juga sangat baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media  teka-teki silang mampu meningkatkan keterampilan menulis huruf Jawa pada siswa kelas XI TKR 4 SMK N 2 Kebumen.

 

Kata kunci: Huruf Jawa, Teka-teki Silang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.