PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE UNTUK MEMAHAMI DAN MENDENGARKAN BERITA PADA SISWA KELAS VII SMP TAMAN DEWASA KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Rani Nurinawati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran keterampilan memahami dan mendengarkan berita pada siswa kelas VII E SMP Taman Dewasa Kebumen tahun ajaran 2013/ 2014, (2) respon siswa terhadap keterampilan memahami dan mendengarkan berita siswa kelas VII SMP Taman Dewasa tahun ajaran 2013/ 2014 setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode Everything is Teacher Here, dan (3) peningkatan hasil belajar dan keterampilan berbahasa Jawa siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Kebumen tahun ajaran 2013/2014 dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakanteknik tes dan nontes. Instrumen penelitian ini berupa soal tes essay, pedoman observasi, dan angket. Sumber data penelitian ini berupa hasil observasi siswa kelas VII SMP Taman Dewasa tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 41 siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode penyajian informal. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh simpulan bahwa: (1) Pembelajaran memahami dan mendengarkan berita dengan menggunakan metode everyone is teacher here pada siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Kebumen dilakukan dalam tiga tahap yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Proses pada siklus I dan siklus II pembelajaran memahami dan mendengarkan berita dengan menggunakan metode everyone is teacher here menembuh beberapa tahapan, yakni: (i) tahap pendahuluan, (ii) tahap inti, dan (iii) tahap penutup, (2) respon siswa terhadap keterampilan memahami dan mendengarkan berita siswa kelas VII SMP Taman Dewasa tahun ajaran 2013/2014 setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode Everyone is Teacher Here sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa, pada kondisi awal hanya 26,5% lalu siklus I menjadi 43,2% dan siklus II meningkat menjadi 62,4%, dan (3) peningkatan aktivitas siswa juga diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa dari 56,2% dengan ketuntasan sebesar 53,6% pada kondisi awal, hasil belajar siswa meningkat menjadi 61,4% dengan ketuntasan 63,4% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 74,6% dengan ketuntasan 87,8%.

 

Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Metode Everyone is Teacher Here


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.