PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS X SMK N 1 WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014, (2) mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014, (3) mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil dari penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014: 23,68% dikategorikan baik sekali, 60,53% dikategorikan baik, 15,79% dikategorikan cukup, dan 0% dikategorikan kurang. Berdasarkan perhitungan korelasi parsial menunjukkan bahwa: (1) status sosial ekonomi orang tua memberi pengaruh sebesar 16,01% (sig 0,000 < 0,05) terhadap prestasi belajar bahasa jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014, (2) motivasi belajar memberi pengaruh sebesar 33,13% (sig 0,000 < 0,05) terhadap prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014, (3) Berdasarkan hasil analisis regresi ganda diketahui bahwa status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama memberi pengaruh sebesar 92,10% (sig 0,000 < 0,05) terhadap prestasi belajar bahasa jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci : status sosial ekonomi, motivasi belajar, prestasi belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.