PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MENULIS AKSARA JAWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SAMBAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Meta Arifiani

Abstract


Abstrak: Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) peningkatan kemandirian belajar menulis Aksara Jawa; (2) peningkatan prestasi belajar menulis Aksara Jawa melalui pembelajaran kooperatiftipe group investigation (GI) di kelas VIII SMP Muhammadiyah Sambak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Sambak Tahun Pelajaran 2013/2014, yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dalam pembelajaran Bahasa Jawa khususnya menulis Aksara Jawa dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari data observasi, kemandirian belajar siswa meningkat dari 48,33% pada prasiklus menjadi 62,54% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 72,49% pada siklus II. Peningkatan kemandirian belajar siswa berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 66,56 pada prasiklus menjadi 73,63 pada siklus I dan menigkat lagi menjadi 79,37 pada siklus II.

 

Kata Kunci: KemandirianBelajar, Group Investigation (GI), Aksara Jawa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.