ANALISIS STRUKTURAL OBJEKTIF DALAM NOVEL KENTJONO KATON WINGKO KARYA BOEDHI S.

Ahmad Ma’muri

Abstract


Abstrak: Ahmad Ma’muri. 2014. Analisis Struktur Objektif dalam Novel Kentjono Katon Wingko karya Boedhi S. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) aspek struktur objektif dalam novel Kentjono Katon Wingko karya Boedhi S. (2) nilai pendidikan moral dalam novel Kentjono Katon Wingko karya Boedhi S. Objek dalam penelitian skripsi ini yaitu aspek struktur objektif dan nilai pendidikan moral yang terkandung dalam novel Kentjono Katon Wingko karya Boedhi S. Subjek penelitiannya adalah novel Kentjono Katon Wingko karya Boedhi S. instrument dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, buku pencatat, bolpoint, serta buku-buku yang relevan yang dapat mendukung sebagai bahan acuan. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik pustaka dan teknik catat yaitu dengan cara: (1) penulis membaca novel Kentjono Katon Wingko karya Boedhi S. (2) penulis mengidentifikasi data. (3) mencatat hasil data yang berhubungan dengan novel Kentjono Katon Wingko karya Boedhi S. penulis juga menggunakan metode deskripsi. Teknik analisis isi penulis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) tema yang terdapat dalam novel Kentjono Katon Wingko karya Boedhi S. terdiri dari beberapa sub tema yaitu: terkena godaan, awal mulainya cinta, korban tawuran, dan meraih kebahagiaan. Sedangkan tema utamanya adalah ketulusan cinta yang dihianati. Tokoh utamanya adalah Hartadi, dan tokoh tambahannya yaitu Esty, Soedigdo, Pak Hardjopranoto, Sujatno, Ibunya Hartadi. Latar terbagi dalam tiga jenis yaitu latar waktu, latar tempat dan latar sosial. Alur yang digunakan alur campuran. Sudut pandang yang digunakan yaitu sudut pandang orang ketiga “dia” mahatahu. (2) nilai pendidikan moral yaitu: (a) nilai pendidikan moral yang berhubungan antara manusia dengan Tuhan yaitu: berdoa kepada Tuhan. (b) nilai pendidikan moral yang berhubungan antara manusia dengan sesama manusia meliputi: cinta, kepahlawanan, dan Hormat. (c) nilai pendidikan moral yang berhubungan antara manusia dengan diri sendiri meliputi: sabar, rindu, sedih, dan takut.

 

Kata Kunci      : kentjono katon wingko, struktur, pendidikan moral


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.