DIGITAL SKILL GURU MELALUI e-MODUL SEBAGAI INOVASI BAHAN AJAR DI ERA DISRUPSI 4.0
Abstract
ABSTRAK
Selain memiliki dan mengembangkan empat kompetensi dasar (kepribadian, sosial, pedagogik dan profesional), guru diharuskan untuk mengikuti literasi TIK dasar. Pentingnya program untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan TIK untuk kegiatan pembelajaran yang dianggap sangat strategis dalam upaya percepatan distribusi pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk lebih menggambarkan respons guru setelah berpartisipasi dalam pelatihan membuat modul elektronik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan langkah-langkah berikut: melakukan wawancara, memberikan kuesioner, dokumentasi, catatan lapangan, analisis data, reduksi data, dan kesimpulan akhir. Hasil keterampilan guru menunjukkan bahwa guru berasumsi bahwa pelatihan e-modul dapat meningkatkan kompetensi guru, e-modul adalah bahan ajar yang dikemas menarik yang menghasilkan motivasi belajar siswa, pengetahuan dan wawasan guru yang lebih luas dan peningkatan kompetensi terkait TIK.
Kata kunci: Digital skill, Respon Guru, e-Module, dan Bahan Ajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/jpd.v1i1.6565
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Prodi Pendidikan Guru Sekolah, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, Email : pgsdumpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.