PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN TLADAN 2

Vivi Rulviana

Abstract


                                                     ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menulis narasi melalui media gambar pada siswa kelas IV SDN Tladan 2. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 dari 14 siswa kelas IV SDN Tladan 2 yang memiliki hasil belajar menulis narasi rendah yaitu RIS, ITA, dan RHN. Teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil belajar siswa. Teknik analisis datanya menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar menulis narasi siswa melalui penerapan media gambar. Dibuktikan dengan hasil dokumentasi, wawancara, dan observasi. Dalam hasil dokumentasi menunjukkan terdapat peningkatan nilai siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Dalam prasiklus ketuntasan siswa mencapai 70%, siklus I persentase ketuntasan meningkat sebesar 80%, dan siklus II meningkat menjadi 100%, dengan hasil belajar siswa RIS, ITA, RHN yang mengalami peningkatan dari pra siklus 65, 68, 65 siklus I mencapai 75, 70, 74 , Siklus II mencapai 85, 84, 84.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Menulis Narasi, dan Media Gambar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/jpd.v1i1.6564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Prodi Pendidikan Guru Sekolah, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, Email : pgsdumpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494


Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.