PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN STAD BERBANTUAN MEDIA TANGGA WARNA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara siswa menggunakan model pembelajaran NHT dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media Tangga Warna. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV SD di Desa Wanoja. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan uji T independen. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan dalam penerapan model NHT dan STAD dalam kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil uji T diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,206 > 2,434. Maka H0 ditolak, Artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD siswa kelas IV SD di Desa Wanoja Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: NHT, STAD, dan Kemampuan Pemecahan Masalah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara siswa menggunakan model pembelajaran NHT dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media Tangga Warna. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV SD di Desa Wanoja. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan uji T independen. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan dalam penerapan model NHT dan STAD dalam kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil uji T diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,206 > 2,434. Maka H0 ditolak, Artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD siswa kelas IV SD di Desa Wanoja Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: NHT, STAD, dan Kemampuan Pemecahan Masalah
DOI: https://doi.org/10.37729/jpd.v1i1.6559
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Prodi Pendidikan Guru Sekolah, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, Email : pgsdumpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.