PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PRAKTIK PEMBELAJARAN IPA

Dwi Hesty Kristyaningrum, Winarto Winarto

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru sekolah dasar terhadap praktik pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode survei diskriptif. Responden dalam penelitian ini guru sekolah dasar di wilayah Jawa Tengah yang berjumlah 41 guru. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket persepsi praktik pembelajaran IPA. Instrumen tersebut sudah melalui tahap validasi ahli dan pengujian empiris. Validitas instrumen menggunakan analisis faktor eksploratori. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian Persepsi guru IPA terhadap SIP Guru SD memiliki kategori cukup. Dimensi El, EE, SDC  guru IPA SD kategori cukup. Dimensi EPK guru SD kategori cukup. Dimensi TI guru SD kategori baik. Persepsi guru IPA terhadap praktik pembelajaran IPA berada pada kategori cukup.

Kata kunci: Persepsi, Praktik Pembelajaran IPA, dan Guru

 


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/jpd.v1i1.6558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Prodi Pendidikan Guru Sekolah, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, Email : pgsdumpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494


Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.