LITERASI MATEMATIKA ANAK USIA SEKOLAH DASAR MELALUI TEORI MULTIPLE INTELEGENT
Abstract
ABSTRAK
Sumber daya manusia yang bermutu merupakan faktor penting dalam pembangunan di era globalisasi saat ini. Pengalaman di banyak negara menunjukkan, sumber daya manusia yang bermutu lebih penting dari pada sumber daya alam yang melimpah. Disadari, daya saing bangsa Indonesia di tengah bangsa lain cenderung kurang menggembirakan. Salah satunya, tercermin dalam perbandingan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sumber daya manusia yang bermutu hanya dapat diwujudkan dengan pendidikan yang bermutu, termasuk di dalamnya adalah penguasaan matematika dan pemahamannya secara holistik. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dijadikan sabagai gambaran baik atau tidaknya kualitas pendidikan. Oleh karena itu, masyarakat dengan segala keunikan kecerdasan individunya harus memiliki kemampuan literasi Matematika dan koneksi matematika yang memadai. Seseorang yang literate Matematika tidak sekedar paham tentang matematika akan tetapi juga mampu mengunakannya dalam pemecahan masalah sehari-hari. Selain itu, kita juga bisa menggunakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menggunakan teori multiple intelegent. Setiap individu harus mempunyai kemampuan ganda yang berarti seseorang mampu menyelesaikan setiap masalah yang ada sesuaidenganbakat yang dimilikinya. Tidak hanya mempunyai suatu pemikiran untuk menyelesaikannya saja namun juga harus dapat mempraktikan dala kehidupan nyata.
Kata kunci: Literasi, Matematika, dan Multiple Intelligence
Sumber daya manusia yang bermutu merupakan faktor penting dalam pembangunan di era globalisasi saat ini. Pengalaman di banyak negara menunjukkan, sumber daya manusia yang bermutu lebih penting dari pada sumber daya alam yang melimpah. Disadari, daya saing bangsa Indonesia di tengah bangsa lain cenderung kurang menggembirakan. Salah satunya, tercermin dalam perbandingan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sumber daya manusia yang bermutu hanya dapat diwujudkan dengan pendidikan yang bermutu, termasuk di dalamnya adalah penguasaan matematika dan pemahamannya secara holistik. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dijadikan sabagai gambaran baik atau tidaknya kualitas pendidikan. Oleh karena itu, masyarakat dengan segala keunikan kecerdasan individunya harus memiliki kemampuan literasi Matematika dan koneksi matematika yang memadai. Seseorang yang literate Matematika tidak sekedar paham tentang matematika akan tetapi juga mampu mengunakannya dalam pemecahan masalah sehari-hari. Selain itu, kita juga bisa menggunakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menggunakan teori multiple intelegent. Setiap individu harus mempunyai kemampuan ganda yang berarti seseorang mampu menyelesaikan setiap masalah yang ada sesuaidenganbakat yang dimilikinya. Tidak hanya mempunyai suatu pemikiran untuk menyelesaikannya saja namun juga harus dapat mempraktikan dala kehidupan nyata.
Kata kunci: Literasi, Matematika, dan Multiple Intelligence
DOI: https://doi.org/10.37729/jpd.v1i1.6556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Prodi Pendidikan Guru Sekolah, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, Email : pgsdumpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.