PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PBM BERBANTUAN MEDIA PUZZLE

Nurhayati .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 7 Kebumen kelas VII A dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan media puzzle. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBM berbantuan puzzle dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dengan siswa mampu memberikan penilaian atau pertimbangan terhadap suatu permasalahan matematika. Perolehan rerata tes berpikir kritis siswa dari 60,07% pada siklus I meningkat menjadi 78,42% pada siklus II. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang ditunjukan dengan siswa sudah mampu memberikan penyelesaian masalah dengan cara yang berbeda. Perolehan rerata tes berpikir kreatif matematis siswa dari 65,55% pada siklus I meningkat menjadi 78,36% pada siklus II.

 

Kata kunci: berpikir kritis, berpikir kreatif, PBM,  puzzle

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i3.3219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.