PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM)TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI (Studi pada Konsumen Produk MS Glow di Kabupaten Purworejo)
Abstract
Perkembangan industri kosmetik di Indonesia saat ini semakin pesat, sehingga menyebabkan persaingan semakin ketat diantara para pelaku industri kosmetik.Para pelaku usaha di bidang kosmetik terus melakukan berbagai upaya dalam menarik hati konsumen agar konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian pada produk yang dijual. Salah satunya dengan menciptakan strategi promosi melalui celebrity endorser dan electronic word of mouth yang baik, sehingga tercipta minat beli yang akan mendorong terjadinya keputusan pembelian.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji: 1) pengaruh celebrity endorserterhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian, 3) pengaruh celebrity endorserterhadap minat beli, 4) pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli, 5) pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian, 6) pengaruh celebrity endorserterhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel mediasi, 7) pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif.Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk MS Glow di Kabupaten Purworejo. Sampel yang digunakan sebanyak 130 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan hierarchical regression analysis dan sobel test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser, electronic word of mouth dan minat beli berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Selain itu, minat beli juga memediasi secara parsial celebrity endorser dan electronic word of mouthterhadap keputusan pembelian pada konsumen produk MS Glow di Kabupaten Purworejo.
Kata kunci: Celebrity Endorser, Electronic Word Of Mouth, Minat Beli,Keputusan Pembelian.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji: 1) pengaruh celebrity endorserterhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian, 3) pengaruh celebrity endorserterhadap minat beli, 4) pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli, 5) pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian, 6) pengaruh celebrity endorserterhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel mediasi, 7) pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif.Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk MS Glow di Kabupaten Purworejo. Sampel yang digunakan sebanyak 130 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan hierarchical regression analysis dan sobel test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser, electronic word of mouth dan minat beli berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Selain itu, minat beli juga memediasi secara parsial celebrity endorser dan electronic word of mouthterhadap keputusan pembelian pada konsumen produk MS Glow di Kabupaten Purworejo.
Kata kunci: Celebrity Endorser, Electronic Word Of Mouth, Minat Beli,Keputusan Pembelian.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.