PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei Pengguna Sepatu Adidas di Kebumen)

Saeful Huda, Budiyanto Budiyanto, Wijayanti Wijayanti

Abstract


Di era modern sekarang ini, persaingan dalam memperebutkan konsumen tidak dapat dihindari oleh setiap produsen, termasuk para produsen sepatu. Berbagai merek sepatu terkenal seperti Adidas, Nike, Reebok, Puma, Converse, Bata, New Balance, League dan sebagainya, dengan mudah ditemukan di pasaran. Semakin beragamnya merek sepatu yang ditawarkan, maka konsumen semakin bebas memilih produk sesuai kebutuhan dan keinginannya yang pada akhirnya dapat mengakibatkan terjadinya perpindahan merek. Perpindahan merek terjadi saat seorang atau sekelompok konsumen berpindah pemakaian dari satu merek ke merek lainnya. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perpindahan merek konsumen yaitu kualitas produk, kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 125 responden dengan metode non probability sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear berganda denganbantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen memediasi secara parsial dan signifikan pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen pada pengguna sepatu Adidas di Kebumen. Dengan demikian, seluruh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti dandapat diterima.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

Full Text:

Untitled PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.