PENGARUH BRAND IDENTITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP REPURCHASE INTENTION DIMEDIASI OLEH BRAND TRUST (Studi pada konsumen sepeda motor Honda)
Abstract
Seiring berjalannya waktu alat transportasi sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Salah satu alat transportasi yang populer saat ini adalah sepeda motor. Honda adalah merek sepeda motor yang sudah lama berada di Indonesia dengan segala keunggulannya. Dalam kondisi persaingan yang kompetitif, untuk bertahan dibidang alat transportasi perusahaan Honda selalu berupaya untuk memberikan kualitas dan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, dengan memberikan produk yang mempunyai kualitas yang baik, selalu berinovasi, sesuai dengan perkembangan zaman, harga yang terjangkau guna membangun hubungan emosional yang mendalam antara produk Honda dengan konsumen.
Populasi pada penelitian ini adalah pengguna sepeda motor merek Honda di Purworejo. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 120 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis hierarchical regression procedures.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan: brand identity berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, brand image berpengaruh positif dan signifikan repurchase intention, brand identity berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust, brand trust memediasi pengaruh brand identity terhadap repuchase intention secara partial mediation, brand trust memediasi pengaruh brand image terhadap repurchase intention secara partial mediation.
Kata Kunci: brand identity, brand image, brand trust, repurchase intention
Populasi pada penelitian ini adalah pengguna sepeda motor merek Honda di Purworejo. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 120 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis hierarchical regression procedures.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan: brand identity berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, brand image berpengaruh positif dan signifikan repurchase intention, brand identity berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust, brand trust memediasi pengaruh brand identity terhadap repuchase intention secara partial mediation, brand trust memediasi pengaruh brand image terhadap repurchase intention secara partial mediation.
Kata Kunci: brand identity, brand image, brand trust, repurchase intention
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.