PENGARUH CELEBRITY ENDOSER DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP PURCHASE DECISIONS DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Produk Sahaja)
Abstract
Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat, sehingga menyebabkan setiap perusahaan berlomba-lomba untuk mencapai keunggulan kompetitif demi memperebutkan pangsa pasar (market share) agar mampu bersaing dalam bisnis global. Hal ini mengharuskan perusahaan membuat berbagai pengembangan strategi pemasaran untuk dapat bersaing. Salah satunya yang dilakukan oleh perusahaan dalam meraih pangsa pasar yaitu dengan membuat iklan yang memiliki daya tarik yang menggunakan seorang celebrity endoser. Dengan menggunakkan celebrity endoser dalam iklan akan memciptakan brand image yang baik dengan hal itu akan mempengaruhi keputusan pembelian.
Penelituan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) celebrity endoser terhadap purchase decisions. (2) daya tarik iklan terhadap purchase decisions. (3) brand image terhadap purchase decisions. (4) celebrity endoser terhadap brand image. (5) daya tarik iklan terhadap brand image. (6) celebrity endoser terhadap purchase decisions melalui brand image. (7) daya tarik iklan terhadap purchase decisions melalui brand image.Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk Sahaja. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 130 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan SmartPLS dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endoser, daya tarik iklan dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decisions. Celebrity endoser, daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Selain itu, celebrity endoser dan daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decisions yang dimediasi oleh brand image, dalam hal ini berupa mediasi sebagian (partial mediation).
Kata kunci :celebrity endoser, daya tarik iklan, brand image, purchase decisions.
A.
Penelituan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) celebrity endoser terhadap purchase decisions. (2) daya tarik iklan terhadap purchase decisions. (3) brand image terhadap purchase decisions. (4) celebrity endoser terhadap brand image. (5) daya tarik iklan terhadap brand image. (6) celebrity endoser terhadap purchase decisions melalui brand image. (7) daya tarik iklan terhadap purchase decisions melalui brand image.Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk Sahaja. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 130 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan SmartPLS dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endoser, daya tarik iklan dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decisions. Celebrity endoser, daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Selain itu, celebrity endoser dan daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decisions yang dimediasi oleh brand image, dalam hal ini berupa mediasi sebagian (partial mediation).
Kata kunci :celebrity endoser, daya tarik iklan, brand image, purchase decisions.
A.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.