Pengaruh Kepercayaan Terhadap Niat Beli Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan (Studi pada konsumen Kopi Kembang Sepasang)
Abstract
Perkembangan bisnis cafe yang semakin pesat membuat persaingan menjadi ketat. Hal
ini yang mendorong para pemilik usaha untuk menerapkan strategi yang tepat agar dapat
memenangkan persaingan tersebut. Salah satunya dengan menciptakan kepercayaan yang
dapat memuaskan konsumen. Penciptaan kepercayaan melalui kepuasan ini dapat dilakukan
dengan memberikan fasilitas dan pelayanan yang terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menguji pengaruh kepercayaan terhadap niat beli ulang, pengaruh kepercayaan
terhadap kepuasan, pengaruh kepuasan terhadap niat beli ulang, serta pengaruh kepercayaan
terhadap niat beli ulang yang dimediasi oleh kepuasan.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Kopi Kembang Sepasang Purworejo.
Sampel yang digunakan sebanyak 120 responden, Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai
menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan
parameter kuesioner, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan alat analisis data
menggunakan Hierarchical Regression Analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap niat beli ulang. Kemudian kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Selain itu,
kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang yang dimediasi oleh
kepuasan, dalam hal ini berupa mediasi sebagian (partial mediation).
Kata kunci: kepercayaan, kepuasan, niat beli ulang.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.