PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG LINGKUNGANTERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK HIJAUDENGAN KEPEDULIAN PADA LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Pendingin Udara Merek Panasonic di Purworejo)

Hesti Yuliana, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Pemasaran hijau merupakan pengembangan dan pemasaran produk yang
dirancang untuk meminimalkan efek negatif pada lingkungan fisik atau untuk
memperbaiki lingkungan. Pemasar harus mendidik konsumen tentang produk hijau agar
konsumen memiliki niatpembelian pada produk hijau.Terdapat beberapa faktor yang
dapat mempengaruhi niat pembelian produk hijau, diantaranya yaitu pengetahuan
tentang lingkungan, dan kepedulian pada lingkungan. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah menguji: pengaruh pengetahuan tentang lingkungan terhadap niat
pembelian, pengaruh pengetahuan tentang lingkungan terhadap kepedulian pada
lingkungan, pengaruh kepedulian pada lingkungan terhadap niat pembelian produk
hijau, perankepedulian pada lingkungan dalam memediasi pengaruh pengetahuan
tentang lingkungan terhadap niat pembelian produk hijau.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen pendingin udara merek Panasonic
di Purworejo.Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 153 responden.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.
Pengujian hipotesis menggunakan analisis hierarchical regression procedures.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan: pengetahuan
tentang lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian produk
hijau, pengetahuan tentang lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepedulian pada lingkungan, kepedulian pada lingkungan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap niat pembelian produk hijau, kepedulian pada lingkungan memediasi
pengaruh pengetahuan tentang lingkungan terhadap niat pembelian produk hijau,
secara complete mediation.
Kata kunci:pengetahuan tentang lingkungan, kepedulian pada lingkungan, niat
pembelian produk hijau


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto