PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi pada Konsumen Wardah di Purworejo)

Fauziah Latif, Susi Widjajani, Budiyanto Budiyanto

Abstract


Fenomena maraknya produk dan merek kosmetik yang beredar dipasaran
menyebabkan produsen atau perusahaan saling bersaing. Ketatnya persaingan bisnis industri
kosmetik menuntut perusahaan untuk lebih mengetahui hak-hak konsumen yaitu
meningkatkan produk-produk kosmetik yang bermutu dan aman. Hal tersebut mendorong
produsen kosmetik untuk selalu memberikan inovasi baru sesuai dengan kebutuhan
konsumennya agar mampu bersaing dipasaran. Produsen perlu membangun citra perusahaan
yang baik supaya melekat pada hati konsumennya, serta memberikan produk yang bermutu
agar konsumen puas dengan produk tersebut dan akan membeli kembali produk tersebut.
Inovasi produk dilakukan sebagai langkah perusahaan dalam menjaga loyalitas konsumennya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) citra merek
terhadap loyalitas konsumen (2) kualitas produk terhadap loyalitas konsumen (3) kepuasan
konsumen terhadap loyalitas konsumen.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen Wardah di Kabupaten
Purworejo. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 120 responden, teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan
pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian
kueisoner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan untuk analisis data
menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif terhadap
loyalitas konsumen, kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen dan
kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa citra merek, kualitas produk dan kepuasan konsumen secara
signifikan memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen Wardah.
Kata kunci : citra merek, kualitas produk, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto