PENGARUH GREEN MARKETING DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Produk Tupperware di Kebumen)

Punang Pramesti, Murry Harmawan Saputra, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Kesadaranmasyarakatakanpentingnyapelestarianlingkungansemakinmeningkat.
Adanyakesadarankonsumenuntukmendapatkanproduk yang aman dan
ramahlingkungansemakinkuat, membuatperusahaanberinovasimenciptakan strategi green
marketing dan corporate social responsibility yang peduli pada
isulingkungansehinggaterciptanyacitramerek dan akanberdampak pada keputusanpembelian.
Oleh karenaitu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengujipengaruh green marketingdan
corporate social responsibilityterhadap keputusanpembeliandengan citramereksebagai
variabel intervening.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumenproduk Tupperware di Kebumen. Sampel
yang digunakan sebanyak 150 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai
menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan
parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji
validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan hierarchical
regression analysisdan untukmendukunghasilmediasimenggunakanSobel Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green marketing dan corporate social
responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadapkeputusanpembelian. Green
marketing dan corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan
terhadapcitramerek. Kemudiancitramerekberpengaruhpositif dan
signifikanterhadapkeputusanpembelian. Selain itu,green marketing dan corporate social
responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusanpembelianyang dimediasi
oleh citramerek, dalam hal ini berupa mediasi sebagian (partial mediation).
Kata kunci: green marketing, corporate social responsibility, citramerek,
keputusanpembelian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.