PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pengguna Marketplace Shopee di Purworejo)

Meilisa Kusuma Putri, Murry Harmawan Saputra, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Keputusan pembelian merupakan sasaran yang harus dicapai oleh setiap perusahaan.
Untuk dapat mencapai keputusan pembelian yang tinggi, Shopee perlu memperhatikan faktorfaktor
apa saja yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Kepercayaan, kemudahan,
dan Kualitas Informasi merupakan beberapa faktor yang dipertimbangkan ketika konsumen
mengambil keputusan pembelian.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan
Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian pada marketplace Shopee di Purworejo.
Sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling yang dilakukan dengan
cara mengirim kuesioner berbentuk Google Form melalui Whatsapp kepada 185 responden
yang pernah membeli secara online pada marketplace Shopee di Purworejo. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Analisis data penelitian menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 20.0 for
windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di
Purworejo.
Kata Kunci : Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.