PENGARUH ONLINE SHOPPING ORIENTATION, ONLINE SHOPPING EXPERIENCE DAN ONLINE TRUST TERHADAP ONLINE REPURCHASE INTENTION (Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee di Purworejo)
Abstract
Semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia menjadikan pasar yang
sangat menarik untuk pelaku industri e-commerce. Maka tidaklah heran jika di Indonesia
bermunculan e-commerce dan marketplace besar seperti Shopee, Tokopedia,
Bukalapak, Lazada, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh online
shopping orientation, online shopping experience, dan online trust terhadap online
repurchase intention pada pengguna aplikasi Shopee di Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua individu di kota Purworejo yang
pernah melakukan transaksi di Shopee. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150
responden. Pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan metode skala
Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan
software SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh positif antara variabel online
shopping orientation, online shopping experience, dan online trust terhadap online
repurchase intention. Dalam penelitian ini variabel yang paling besar mempengaruhi
online repurchase intention pada Shopee adalah online shopping experience yang kedua
yaitu online shopping orientation kemudian online trust.
Kata kunci: Online Shopping Orientation, Online Shopping Experience, Online Trust,
dan Online Repurchase Intention.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.