PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pelanggan Rita Pasaraya di Kabupaten Kebumen)

Fatimatuzzahroh Fatimatuzzahroh, Murry Harmawan Saputra, Fitri Rahmawati

Abstract


Perkembangan bisnis ritel yang semakin pesat membuat persaingan di dunia ritel
semakin ketat. Oleh karena itu, perusahaan harus menerapkan strategi yang tepat agar dapat
memenangkan persaingan tersebut. Salah satunya dengan menciptakan store atmosphere
yang nyaman dan service quality yang memuaskan bagi konsumen. Peningkatan kepuasan
konsumen ketika berbelanja dapat dilakukan dengan memaksimalkan pengalaman yang
menyenangkan melalui store atmosphere dan service quality yang diberikan perusahaan. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh store atmospheredan service
qualityterhadap repurchase intentiondengancustomer satisfactionsebagai variabel intervening.
Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Rita Pasaraya Kebumen. Sampel yang
digunakan sebanyak 150 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai
menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan
parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji
validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan Hierarchical
Regression Analysis dan Sobel Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa store atmopshere berpengaruh positif dan
signifikan terhadap repurchase intention, service quality berpengaruh positif dan signifikan
terhadap repurchase intention, store atmopshere berpengaruh positif dan signifikan terhadap
customer satisfaction, service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer
satisfaction, customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase
intention. Selain itu, customer satisfaction mampu memediasi sebagian hubungan store
atmopshere terhadap repurchase intention dan customer satisfaction mampu memediasi
sebagian hubungan service quality terhadap repurchase intention.
Kata kunci: Store Atmopshere, Service Quality, Customer Satisfaction, Repurchase Intention.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto