PENGARUH IN-STORE DISPLAY DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi pada Konsumen Indomaret)

Agung Nugroho, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Persaingan bisnis ritel di Indonesia semakin ketat. Pelaku bisnis ritel berusaha
memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Hal ini menyebabkan pelaku bisnis ritel
berusaha untuk mengembangkan usaha agar dapat memperoleh laba optimal serta dapat
memperkuat posisi dalam menghadapi perusahaan pesaing. Untuk mencapai tujuan
tersebut perlu dipikirkan strategi yang tepat untuk merencanakan produk. Konsumen
yang potensial akan mempertimbangkan terlebih dahulu berbagai faktor yang berkaitan
dengan produk sebelum memilih atau mengambil keputusan dan mencari alternatif yang
dapat memberi kepuasan tertinggi dalam mengkonsumsi suatu produk. Kebutuhan dan
keinginan para konsumen terus berubah. Setiap pemasar berkewajiban untuk memahami
konsumen untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya. Konsumen terkadang
melakukan pembelian tidak terencana (impulse buying) dalam rangka memenuhi
kebutuhannya. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh in-store
display dan price discount terhadap impulse buying.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah melakukan
pembelian ke Indomaret. Sampel yang diambil sebanyak 120 responden. Kuesioner telah
diuji dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis
menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa in-store
display berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, dan price discount
berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying.
Kata Kunci: In-Store Display, Price Discount, dan Impulse Buying.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.