PENGARUH EMOTIONAL BRANDING, CUSTOMER SATISFACTION, DAN BRAND IMAGETERHADAP BRAND LOYALTY (Survei pada Pelanggan Telkomsel di Kebumen)

Lidya Ayu Devi Oktaviana, Titin Ekowati, Dedi Runanto

Abstract


Persaingan bisnis antar merek operator seluler yang semakin ketat menuntut
perusahaan telekomunikasi untuk selalu tanggap terhadap kondisi pasar dan
menentukan strategi pemasaran yang tepat serta mewujudkan tujuan-tujuan
perusahaan sesuai dengan apa yang diharapkan. Operator seluler dituntut untuk lebih
memperhatikan keinginan pelanggan agar konsumen selalu mempertahankan
loyalitasnya terhadap merek atau brand loyalty.Brand loyalty dapat dipengaruhi oleh
berbabagi faktor seperti emotional branding, customer satisfaction, dan brand
image.Tujuandari penelitian ini adalah untuk menguji: pengaruh emotional branding
terhadap brand loyalty, pengaruh customer satisfaction terhadap brand loyalty,
pengaruh brand image terhadap brand loyalty.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan Telkomsel di
Kebumen.Sampel diambil menggunakan teknik purposivesamplingsebanyak 150
responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, yang telah
diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Pengujian hipotesis
menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan
bahwaemotionalbrandingberpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty,
customersatisfactionberpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty,
brandimageberpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty.
Kata kunci :emotional branding, customer satisfaction, brand image, brand loyalty


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.