PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Cat Dinding Merek Nippon Paint di Purworejo)
Abstract
Pergeseran minat konsumen dalam konsumsi produk yang ramah lingkungan dapat
mendorong perusahaan untuk terus melakukan inovasi dengan menghasilkan produk yang sesuai
dengan permintaan pasar salah satunya dengan menciptakan green product atau produk ramah
lingkungan dengan menggunakan strategi promosi melalui green advertising yang dapat
menciptakan brand image dan akan berdampak pada keputusan pembelian
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen cat dinding merek Nippon Paint di
Purworejo.Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden, teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban
dinilai menggunakan skala likert.Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan
parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji
validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan hierarchical regression
analysis dan sobel test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green product dan green advertising berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.green product dan green advertising
berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Kemudian brand image berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, green product dan green
advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh
brand image, dalam hal ini berupa mediasi sebagian (partial mediation).
Kata kunci: green product, green advertising, brand image, keputusan pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.