PENGARUH SOCIAL INFLUENCE, LIFESTYLE, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION (Survei pada Pengguna Aplikasi Lazada di Purworejo)

Fameilia Wardhani, Titin Ekowati, Dedi Runanto

Abstract


Marketplace bagi sebagian orang telah menjadi alternatif dalam melakukan
aktivitas pembelian produk fashion secara online. Namun ketatnya persaingan bisnis saat ini
mengharuskan perusahaan marketplace tanggap terhadap kondisi pasar dan menentukan
strategi pemasaran yang tepat serta mengembangkan trend fashion yang uptodate untuk
mempertahankan pelanggan. Berbagai strategi yang dapat dilakukan agar tercipta suatu
keputusan pembelian yaitu dengan mengembangkan social influence, lifestyle, dan brand
image. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh social
influence terhadap keputusan pembelian, menguji pengaruh lifestyle terhadap keputusan
pembelian, dan menguji pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah pengguna marketplace Lazada di
Purworejo. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 150 responden.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan kuesioner, yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa social
influence berpengaruh positif dan signifikan terhadapkeputusan pembelian, lifestyle
berpengaruh positif dan signifikan terhadapkeputusan pembelian, brand image
berpengaruh positif dan signifikan terhadapkeputusan pembelian produk fashion pada
pengguna AplikasiLazada di Purworejo.
Kata kunci: Social Influence, Lifestyle, Brand Image,Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.