PENGARUH DISSATISFACTION, VARIETY SEEKING, DAN ADVERTISING TERHADAP BRAND SWITCHING (Survei Pengguna Shampoo Merek Lain ke Merek Pantene di Purworejo)

Restu Anggraeni, Titin Ekowati, Dedi Runanto

Abstract


Di era modern sekarang ini, persaingan bisnis produk toiletries semakin
kompetitif dengan banyaknya produsen yang menawarkan berbagai macam merek
produk kepada konsumen. Fenomena ini terjadi pada produk shampoo. Semakin
beragamnya merek shampoo yang ditawarkan, maka konsumen semakin bebas memilih
produk sesuai kebutuhan dan keinginannya yang pada akhirnya dapat mengakibatkan
terjadinya perpindahan merek (brand switching).Perpindahan merek terjadi saat
seorang atau sekelompok konsumen berpindah pemakaian dari satu merek ke merek
lainnya. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perpindahan merek konsumen
yaitu dissatisfaction, variety seeking, dan advertising.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dissatisfaction, variety
seeking, dan advertising terhadap brand switching. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 150 responden dengan metode purposive sampling. Instrumen pengumpulan
data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear berganda dengan
bantuan SPSS 24.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dissatisfaction, variety seeking, dan
advertising secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching
pada pengguna shampoo merek lain yang berpindah ke merek Pantene di Purworejo.
Dengan demikian, seluruh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti dan
dapat diterima.
Kata Kunci : Dissatisfaction, Variety Seeking, Advertising, Brand Switching


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.