PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING LIFESTYLE, SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING (Survei Pada Konsumen Jogja City Mall)

Defi Febri Andriani, Titin Ekowati, Dedi Runanto

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern ditandai dengan
semakin berkembangnya persaingan bisnis di Indonesia. Salah satu bisnis yang
mengalami perkembangan adalah industri ritel pada pasar modern. Adanya persaingan
bisnis dalam industri ritel mendorong para pelaku usaha untuk memiliki berbagai
strategi agar dapat bertahan dan bersaing dengan pelaku usaha lainnya. Jogja City Mall
merupakan salah satu ritel modern yang ada di Yogyakarta. Dengan menciptakan
suasana hedonik yang menarik mengakibatkan konsumen merasa senang dan nyaman
untuk berbelanja, sehingga kebutuhan gaya hidup berbelanja konsumen terpenuhi
dengan baik dan adanya banyak promosi penjualan di dalam toko akan menarik
konsumen untuk melakukan perilaku impulse buying. Penciptaan hedonic shopping
motivation, shopping lifestyle, sales promotion akan meningkatkan gairah belanja pada
konsumen sehingga akan mendorong terjadinya impulse buying.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) hedonic
shopping motivation terhadap impulse buying (2) shopping lifestyle terhadap impulse
buying (3) sales promotion terhadap impulse buying. Populasi dalam penelitian ini
adalah konsumen Jogja City Mall Yogyakarta. Sampel penelitian berjumlah 150 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling (purposive
sampling). Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert
yang terjawab lengkap, sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hedonic shopping motivation, shopping
lifestyle, dan sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse
buying.
Kata Kunci: Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Sales Promotion dan
Impulse Buying


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.