PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Kosmetik Wardah di Purworejo)

Reza Rismayanti, Titin Ekowati, Dedi Runanto

Abstract


Munculnya berbagai macam perusahaan yang bergerak dibidang kosmetik
mengakibatkan adanya persaingan yang ketat diantara produsen. Oleh sebab itu untuk
bertahan maupun menjadi pemimpin pasar, selain memperhatikan kualitas dari kosmetik
yang diproduksi, perusahaan kosmetik harus memperhatikan pula faktor-faktor yang
dipengaruhi oleh purchase intention (minat beli) konsumen seperti iklan, citra merek,
promosi penjualan, pengalaman, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, pemasaran
interaktif, pemasaran dari mulut ke mulut, dan penjualan personal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh celebrity endorser terhadap
purchase intention dengan brand image sebagai variabel intervening. Sampel dalam
penelitian ini sebanyak 120 responden dengan metode purposive sampling. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang telah diuji validitas
dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis menggunakan hierarchical regression analysis
dengan bantuan SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan celebrity endorser berpengaruh positif terhadap
purchase intention. Celebrity endorser berpengaruh positif terhadap brand image. Brand
image berpengaruh positif terhadap purchase intention. Selain itu, brand image
memediasi secara parsial untuk pengaruh celebrity endorser terhadap purchase
intention.
Kata kunci : Celebrity Endorser, Purchase Intention, Brand Image


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.