PERAN BRAND IMAGEDALAMMEMEDIASI PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION

Dian Charisma Ana Charisma, Budiyanto Budiyanto, Wijayanti Wijayanti

Abstract


Kebutuhan manusia merupakan suatu keadaan dimana sebagian daripemuasan
dasar yang dirasakan atau disadari. Kosmetik merupakan produk yang unik, karena
selain memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan mendasar wanita akan
kecantikan, seringkali menjadi sarana bagi konsumen untuk memperjelas identitas
dirinya secara sosial dimata masyarakat.Dengan adanya peluang yang sangat besar
dalam bisnis kosmetik dan semakin banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang
tersebut membuat mereka dituntut untuk melakukan inovasi terbaru.Persaingan produk
kosmetik semakin tajam, seorang produsen harus terampil dalam memasarkan produk
agar dapat meningkatkan purchase intention. Salah satu strategi pemasaran yang
dilakukan yaitu melalui periklanan menggunakan celebrity endorser. Iklan yang
menggunakan celebrity endorser bisa membentuk brand imagepada sebuah produk dan
dapat menggerakan penjualan cepat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada
tidaknya pengaruh antara (1) celebrity endorser terhadap purchase intention (2)
celebrity endorser terhadap brand image (3) brand imageterhadap purchase intention
(4) celebrity endorser terhadap purchase intention yang di mediasi brand image.
Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen produk kosmetik
Y.O.U. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan
Teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner
dengan skala likert yang terjawab lengkap, sesuai dengan kriteria dan telah memenuhi
syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan pengujian Baron & Kenny
(1986).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel celebrity endorser dan brand
image berpengaruh terhadap purchase intention.Selain itu brand image juga memediasi
secara parsial untuk pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention.
Kata Kunci:Celebrity Endorser, Purchase Intention dan Brand Image.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.