PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Matahari Department Store Artos Magelang)
Abstract
Industri ritel pada pasar modern Indonesia mengalami pertumbuhan dan persaingan yang
ketat. Adanya persaingan bisnis dalam industri ritel mendorong para pelaku usaha untuk memiliki
berbagai strategi agar dapat bertahan dan bersaing dengan pelaku usaha lainnya. Strategi yang
diciptakan yaitu menciptakan hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle sehingga
tercipta positive emotion dan akan berdampak pada impulse buying.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Matahari Department
StoreArtosMagelang.Sampel yang digunakan sebanyak 130 responden, teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban
dinilai menggunakan skala likert.Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan
parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji
validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan hierarchical regression
analysis dan sobel test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hedonic shopping motivation dan shopping
lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, hedonic shopping motivation
dan shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive emotion.Kemudian
positive emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying.selain itu, hedonic
shopping motivation dan shopping lifestyle berpengaruh positif dan signfikan terhadap impulse
buying yang dimediasi oleh positive emotion, dalam hal ini beruoa mediasi sebagian (partial
mediation).
Kata kunci: Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Positive Emotion, Impulse Buying.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.