PENGARUH BRAND TRUST, BRAND FAMILIARITY DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND ATTACHMENT (Studi pada Pengguna Smartphone Samsung Galaxy A23)

Fiesta Mita Putri, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Persaingan industri smartphone di Indonesia saat ini semakin ketat. Persaingan yang sangat ketat tersebut bisa membuka peluang bagi pengguna smartphone untuk berpindah ke merek lain. Banyaknya produk smartphone baru yang muncul, membuat perusahaan Samsung harus dapat menentukan strategi yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Salah satunya dengan cara meningkatkan brand attachment. Brand attachment merupakan faktor penting bagi perusahaan, karena konsumen yang terikat dengan suatu merek akan terus menggunakan merek tersebut dan tidak akan berpindah ke merek lain. Untuk dapat meningkatkan brand attachment, perusahaan harus dapat mengetahui faktor yang mempengaruhi brand attachment diantaranya adalah brand trust, brand familiarity, dan brand experience. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) brand trust terhadap brand attachment (2) brand familiarity terhadap brand attachment (3) brand experience terhadap brand attachment.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah pengguna smartphone Samsung Galaxy A23. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 150 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa brand trust berpengaruh positif terhadap brand attachment, brand familiarity berpengaruh positif terhadap brand attachment, dan brand experience berpengaruh positif terhadap brand attachment. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa brand trust, brand familiarity, dan brand experience secara signifikan memiliki pengaruh terhadap brand attachment.
Kata Kunci : Brand Trust, Brand Familiarity, Brand Experience, Brand Attachment.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.