PENGARUH KREATIVITAS IKLAN, BINTANG IKLAN DAN PRODUCT PLACEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI PADA KONSUMEN LE MINERALE DI PURWOREJO)
Abstract
Dalam menghadapi persaingan antar produk air mineral, perusahaan dituntut
untuk membuat strategi guna mempertahankan serta mencari konsumen baru.
Meskipun penjualan air mineral cukup baik, akan tetapi prdusen air mineral harus
mampu bersaing dengan produsen air mineral lain. Dengan melakukan strategi
pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Dalam hal ini, para pelaku bisnis harus
mampu memahami faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen
diantaranya kreativitas iklan, bintang iklan dan product placement.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Le Minerale yang
melakukan pembelian di Purworejo. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 150 responden konsumen Le
Minerale di Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala
likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh kuesioner masing-masing
sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian
hipotesis menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS versi
25.0 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas iklan berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, bintang iklan berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta product placement
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
kata kunci: kreativitas iklan, bintang iklan, product placement, keputusan pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.