PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION DIMEDIASI OLEH BRAND CREDIBILITY

Gustine Silvianti, Budiyanto Budiyanto, wijayanti Wijayanti

Abstract


Perkembangan zaman telah menyebabkan perubahan life style pada sebagian wanita yaitu menginginkan penampilan yang menarik. Salah satu kebutuhan seorang wanita adalah kosmetik. Persaingan produk kosmetik semakin tajam, seorang produsen harus terampil dalam memasarkan produk agar dapat meningkatkan purchase intention. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan yaitu melalui periklanan menggunakan celebrity endorser. Iklan yang menggunakan celebrity endorser bisa membentuk brand credibility pada sebuah produk dan dapat menggerakan penjualan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) celebrity endorser terhadap purchase intention (2) celebrity endorser terhadap brand credibility (3) brand credibility terhadap purchase intention (4) celebrity endorser terhadap purchase intention yang di mediasi oleh brand credibility. Metode penelitian ini menggunakan metode kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen Make Over Kosmetik di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 125 orang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling, yang disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang terjawab lengkap, sesuai dengan kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan hierarchical regression analysis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand credibility. Brand credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Secara sempurna celebrity endorser berpengaruh positif terhadap purchase intention dengan brand credibility sebagai variabel mediasi. Kata kunci: Celebrity Endorser, Purchase Intention dan Brand Credibility.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.