PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAMPO MEREK CLEAR DI PURWOREJO

Pandu Jolustiantoro, Titin Ekowati, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Persaingan bisnis yang semakin ketat, bukan hanya memberi peluang tapi juga tantangan pada sebuah perusahaan. Khususnya pada perusahaan shampo pada saat ini sedang berlomba-lomba dalam menawarkan produknya yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen dengan berbagai inovasi dan keunggulan masing-masing produk. Salah satu perusahaan yang ikut berlomba-lomba dalam berinovasi yaitu perusahaan shampo Clear, perusahaan shampo Clear harus mencermati secara khusus terutama pada persepsi konsumen yang menggambarkan sebuah citra pada suatu merek yang terdiri dari empat elemen brand image yaitu citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk Brand image terhadap keputusan pembelian. Populasi penelitian adalah masyarakat di kota Purworejo dengan sempel sebanyak 120 orang. Pengambilan sempel menggunakan teknik purposive sampling. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang masing-masing sudah diujicobakan. Kuesioner yang disebar mendapatkan data penelitian yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel brand image yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Kata Kunci: brand image, citra pembuat, citra pemakai, citra produk, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.