PENGARUH PERCEIVED RISK DAN TRUST TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi pada Tokopedia di Purworejo

nando Wijayatama, Endah Pri Ariningsih, wijayanti Wijayanti

Abstract


Ada beberapa online marketplace di Indonesia seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan yang lainnya. Online marketplace tersebut tentunya akan saling bersaing dalam memperebutkan konsumen dengan tujuan agar masyarakat memiliki keinginan yang tinggi untuk membeli merek yang paling disukai, atau dengan kata lain memiliki purchase intention yang tinggi. Purchase intention dapat dipengaruhi oleh perceived risk dan trust. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menguji: pengaruh perceived risk terhadap purchase intention, pengaruh trust terhadap purchase intention. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah masyarakat di Purworejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 130 responden. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Pembuktian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan: perceived risk berpengaruh negatif terhadap purchase intention, dan trust berpengaruh positif terhadap purchase intention. Kata kunci : perceived risk, purchase intention, trust

Full Text:

PDF PDF PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.