PENGARUH LABEL HALAL, HARGA DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Kosmetik Wardah di Purworejo)

Dwi Winarni, Titin Ekowati, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Saat ini banyak ditemukan berbagai merek produk kosmetik di pasaran, seperti Mustika Ratu, Sari Ayu, Wardah, dan sebagainya. Dengan banyaknya produsen yang menjual produk kosmetik, maka konsumen mendapatkan keuntungan yaitu konsumen dapat menentukan pilihan merek sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Namun disisi lain, dengan banyaknya produsen yang bergerak pada bidang yang sama, tentunya dapat menyebabkan persaingan dalam memperebutkan konsumen. Oleh sebab itu, setiap produsen harus memiliki strategi yang tepat dalam menyiasati persaingan yang ada sehingga konsumen dapat memutuskan untuk melakukan pembelian pada produk yang dipasarkan. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, diantaranya adalah label halal, harga, dan merek. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian, pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh merek terhadap keputusan pembelian.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua konsumen kosmetik Wardah di Purworejo. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 120 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa label halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada konsumen kosmetik Wardah di Purworejo, harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada konsumen kosmetik Wardah di Purworejo, dan merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada konsumen kosmetik Wardah di Purworejo.
Kata kunci : label halal, harga, merek, keputusan pembelian

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.