PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMUNIKASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU SEKOLAH LUAR BIASA MAGELANG

Elvaeni Yulia Rahmah, Ridwan Baraba, Nenden Nur Annisa

Abstract


Idealnya semua instansi dan organisasi perlu meningkatkan kesadaran pentingnya efektivitas kerja kepada setiap elemen yang berada di dalam instansi dan organisasi tersebut. Terutama instansi dalam bidang pendidikan seperti sekolah sangat di perlukan kesadaran pentingnya efektivitas kerja yang baik. Efektivitas kerja guru merupakan salah satu faktor tercapainya tujuan pendidikan. Faktor untuk mendapatkan efektivitas kerja yang baik adalah guru harus mampu menguasai kompetensi yang diperlukan dalam mendukung tercapainya efektivitas kerja. Terdapat faktor lain untuk mencapai efektivitas kerja selain kompetensi yaitu kemampuan berkomunikasi, komunikasi yang baik akan menciptakan efektivitas kerja.
Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh kompetensi terhadap efektivitas kerja dan menguji pengaruh komunikasi terhadap efektivitas kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Luar Biasa di Kota Magelang dan Kabupaten Magelang yang berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh yaitu sampel yang diambil dari seluruh populasi yang ada di Kota Magelang dan Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja.
Kata Kunci: Kompetensi, Komunikasi, dan Efektivitas Kerja Guru.

Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.