PENGARUH BRAND PERSONALITY TERHADAP LOYALTY DIMEDIASI OLEH SATISFACTION (Studi pada Pelanggan Pond’s di Purworejo)

Ratih Nawang Wulan, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Banyaknya merek kosmetik yang beredar di pasaran menjadi tantangan utama dalam pemasaran yaitu munculnya persaingan. Persaingan yang muncul menambah dinamika di pasar dengan semakin banyak penawaran produk dan berbagai variasi harga. Oleh sebab itu para pelaku usaha harus memiliki strategi pemasaran yang tepat agar pelanggan memiliki komitmen untuk kembali melakukan pembelian produk atau jasa di waktu yang akan datang meskipun ada hambatan untuk mencapai tujuan konsumsi, atau dengan kata lain pelanggan memiliki loyalty. Loyalty dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti brand personality dan satisfaction. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh brand personality terhadap loyalty, menguji pengaruh brand personality terhadap satisfaction, menguji pengaruh satisfaction terhadap loyalty, dan menguji satisfaction dalam memediasi pengaruh brand personality terhadap loyalty.
Populasi pada penelitian ini adalah semua pelanggan Pond’s di Purworejo. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 150 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pembuktian hipotesis menggunakan analisis hierarchical regression procedures, dan sobel test.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan: brand personality berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalty pada pelanggan Pond’s di Purworejo, brand personality berpengaruh positif dan signifikan terhadap satisfaction pada pelanggan Pond’s di Purworejo, satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalty pada pelanggan Pond’s di Purworejo, dan satisfaction memediasi pengaruh brand personality terhadap loyalty pada pelanggan Pond’s di Purworejo, secara partial mediation.
Kata kunci : brand personality, loyalty, satisfaction

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.