PENGARUH LIKUIDITAS, TANGIBILITY, GROWTH OPPORTUNITY, BUSINESS RISK, DAN FIRM SIZE TERHADAP PENGGUNAAN HUTANG (STUDI PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2017-2019)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, tangibility, growth opportunity, business risk, dan firm size terhadap penggunaan hutang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan data sekunder dengan jumlah sampel 29 perusahaan yang diambil berdasarkan metode purposive sampling. Periode penelitian yang digunakan yaitu tiga tahun, mulai dari tahun 2017 sampai dengan 2019. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Data kemudian diolah menggunakan software statistik SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh negatif terhadap penggunaan hutang, tangibility tidak berpengaruh terhadap penggunaan hutang, growth opportunity tidak berpengaruh terhadap penggunaan hutang, business risk berpengaruh positif terhadap penggunaan hutang, dan firm size berpengaruh negatif terhadap penggunaan hutang.
Kata kunci: Penggunaan Hutang, Likuiditas, Tangibility, Growth Opportunity, Business Risk, Firm Size
Kata kunci: Penggunaan Hutang, Likuiditas, Tangibility, Growth Opportunity, Business Risk, Firm Size
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.