PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI MEDIASI (Studi Pada UMKM Kerajinan Bambu Desa Ketosari Kecamatan BenerKabupaten Purworejo)
Abstract
Persaingan menentukan ketepatan aktivitas perusahaan yang dapat menyokong kinerjanya, seperti inovasi, budaya kohesif, atau pelaksanaan yang baik. Keunggulanbersaingadalahjantung darikinerjaperusahaan di dalam pasar yang bersaing Salah satu strategi yang dilakukan yaitu melalui Inovasi produk. Inovasi sebagai aspek penting dan vital serta merupakan salah satu jaminan perusahaan atau organisasi dalam meningkatkan daya saingnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran variabel mediasi Keunggulan Bersaingpada pengaruh Inovasi Produk terhadap kinerja UMKM kerajinan bambu di Desa Ketosari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM kerajinan bambu di Desa Ketosari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo yang berjumlah 88 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh yaitu sampel diambil dari seluruh populasi yang ada pada UMKM kerajinan bambu di Desa Ketosari. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data kuesioner masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data untuak pengujian hipotesis menggunakan regresi intervening atau mediasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Inovasi Produk berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM. (2) Inovasi Produk berpengaruh positif terhadap Keunggulan Bersaing.(3) Keunggulan Bersaingberpengaruh positif terhadap kinerja UMKM. (4) Keunggulan Bersaingterbukti sebagai variabel mediasi pada pengaruh Inovasi Produk terhadap kinerja UMKM secara parsial.
Kata Kunci : Inovasi Produk, Kinerja UMKM, Keunggulan Bersaing
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran variabel mediasi Keunggulan Bersaingpada pengaruh Inovasi Produk terhadap kinerja UMKM kerajinan bambu di Desa Ketosari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM kerajinan bambu di Desa Ketosari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo yang berjumlah 88 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh yaitu sampel diambil dari seluruh populasi yang ada pada UMKM kerajinan bambu di Desa Ketosari. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data kuesioner masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data untuak pengujian hipotesis menggunakan regresi intervening atau mediasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Inovasi Produk berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM. (2) Inovasi Produk berpengaruh positif terhadap Keunggulan Bersaing.(3) Keunggulan Bersaingberpengaruh positif terhadap kinerja UMKM. (4) Keunggulan Bersaingterbukti sebagai variabel mediasi pada pengaruh Inovasi Produk terhadap kinerja UMKM secara parsial.
Kata Kunci : Inovasi Produk, Kinerja UMKM, Keunggulan Bersaing
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.