PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, WORD OF MOUTH, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pengguna shopee.co.id di Purworejo)
Abstract
Saat ini, pemasaran elektronik atau pemasaran yang dilakukan dengan secara online berkembang secara cepat. Perkembangan tersebut didukung oleh kemajuan dalam bidang teknologi dan informasi salah satunya yaitu internet. Penggunaan internet di Indonesia saat ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan data APJII tahun 2018, konten internet (komersial) yang sering digunakan untuk membeli barang atau jasa secara online yaitu shopee. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sering memutuskan pembelian barang atau jasa secara online pada situs shopee.co.id. Keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh social media, word of mouth, dan citra merek. Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk menguji pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian, pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah masyarakat di Purworejo yang pernah melakukan pembelian secara online melalui situs jual beli shopee.co.id. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 120 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, social media marketing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada pengguna shopee.co.id di Purworejo, word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada pengguna shopee.co.id di Purworejo, dan citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada pengguna shopee.co.id di Purworejo.
Kata kunci : social media marketing, word of mouth, citra merek, keputusan pembelian
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah masyarakat di Purworejo yang pernah melakukan pembelian secara online melalui situs jual beli shopee.co.id. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 120 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, social media marketing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada pengguna shopee.co.id di Purworejo, word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada pengguna shopee.co.id di Purworejo, dan citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada pengguna shopee.co.id di Purworejo.
Kata kunci : social media marketing, word of mouth, citra merek, keputusan pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.