Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian

Yusuf Maulana Ichsan, Titin Ekowati, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Kondisi pada awal tahun 2020 yaitu wabah pandemi Covid-19 telah memicu perkembangan pasar perekonomian menjadi berubah. Setiap konsumen yang terdampak pandemi mengharuskan mengurangi aktifitas di luar rumah dengan tetap aktif berproduktif di dalam rumah. Sehingga operator penyedia internet atau paket internet smartphone menjadi faktor yang terpenting untuk mendukung konsumen yang beraktfitas menggunakan jasa internet. Berbagai strategi yang dapat dilakukan perusahaan penyedia jasa paket internet untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen seperti memperhatikan persepsi harga, kualitas produk dan word of mouth.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian. 2) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. 3) dan pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian. Objek penelitian ini adalah pengguna kartu selular Telkomsel di Purworejo. Populasi penelitian ini adalah pengguna kartu selular Telkomsel di Purworejo yang pernah melakukan keputusan pembelian paket internet Telkomsel. Sampel penelitian berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah di ujicoba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa persepsi harga, kualitas produk, dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian paket internet Telkomsel. Variabel yang paling besar mempengaruhi keputusan pembelian adalah kualitas produk. Dapat disimpulkan bahwa produk Telkomsel memiliki kualitas yang baik dan stabil. Dengan memperhatikan persepsi harga dari segi konsumen, serta pembicaraan yang ada dari produk Telkomsel merupakan nilai tambah untuk mempengaruhi keputusan pembelian.
Kata kunci : persepsi harga, kualitas produk, word of mouth, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.