96 PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT (Studi pada Perawat RSUD Prembun)

yayank Praharesti Eryani, Susi Widjajani, Agus Saur Utomo

Abstract


Kinerja Perawat merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan di dalam sebuah Rumah Sakit karena perawat memiliki peranan yang sangat penting dalam penanganan langsung terhadap pasien. Motivasi kerja dan disiplin kerja menunjukkan faktor yang mampu mempengaruh kinerja seseorang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja perawat RSUD Prembun. Sampel penelitian dengan menggunakan teknik sampling total yang terdiri dari 137 perawat RSUD Prembun. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 24.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perawat. (2) Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perawat. (3) Motivasi kerja dan disiplin kerja berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja perawat.
Kata Kunci : Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Perawat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.